Pertemuan Keempat
Pada pertemuan hari ini, kami melaksanakan kuin pengantar aplikom yang kedua kalinya, sebelumnya pada tanggal 7 Maret 2013 minggu lalu. Pada minggu lalu kami juga malaksanakan kuis yaitu mengenai mail merge . Kuis yang diadakan hari ni mengenai sunting data dan main merge secara bersamaan (digabung). Semua data soal yang diberikan diketikkan dan perintah-perintah dilakukan sesuai soal yang diberikan. Mahasiswa dilarang bekerja sama satu dengan lainnya. Setelah selesai mengerjakan kuis aplikom tersebut, data yang sudah dikerjakan harus disimpan dan dikirim melalui gmail.
Meskipun pada postingan sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang mail merge, tapi saya akan membahas kembali apa itu mail merge.
1. Mail merge adalah sebuah fasilitas di Microsoft
office word yang digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang template
nya sama namun tujuan penerimanya berbeda. Mail merge atau surat masal
adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan
pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai
tujuan alamat dan nama yang berbeda. Contoh
contoh mail merge ini
adalah membuat surat undangan maupun amplop nya. Sebuah surat undangan,
isi suratnya tentu saja sama, namun tujuan pengiriman kepada siapa
undangan tersebut dikirimkan tentulah akan berbeda. Nah inilah salah
satu fungsi mail merge. Meskipun pengertian mail merge telah disebutkan seperti diatas, namun sebenarnya
fungsi mail merge
tidak sebatas hanya untuk membuat surat undangan dan amplop namun bisa
juga untuk membuat dokumen lain seperti laporan keuangan yang bentuknya
sama tiap bulan, hanya saja jumlah uang yang dilaporkan berbeda. Sebenarnya fungsi mail merge sudah ada pada generasi microsoft office
sebelumnya yaitu 2003, namun mail merge word 2007 dirasa lebih mudah
karena berbasis grafik. Sehingga lebih mudal untuk menghapal
langkah-langkah nya.
Sekian artikel ini semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar