Senin, 04 Maret 2013

Profil Data Diri, Tugas Pengantar Aplikasi Komputer


Namaku Retno Pratiwi seorang mahasiswi jurusan akuntansi semester dua di ABFI Insstitute Perbanas. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 12 Desember 1994, anak ke-3 dari 4 bersaudara, 2 kakak dan adik saya berjenis kelamin perempuan.

Sebelum memperkenalkan diri saya lebih jauh, saya akan memperkenalkan anggota keluarga saya. Bapak saya bernama Edy Cahyono seorang bapak yang sangat bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya sebagaimananya seorang ayah. Bapakku bekerja sebagai pegawai negeri di daerah Jakarta.
           
Ibu saya seorang ibu rumah tangga biasa yang tidak bekerja, agar lebih fokus dalam mengurus keluarganya. Nama ibu saya suryanti, aku sangat menyayangi ibu dan bapakku karena mereka adalah penyemangatku yang sangat tulus membesarkanku dan memberikan aku serta ketiga saudaraku segala kebutuhan jasamani maupun rohani.

Ibuku berasal dari Jakarta dan ada sedikit keturunan orang Cina dari nenekku, sedangkan bapakku berasal dari Jawa Timur lebih tepatnya berasal dari daerah Banyuwangi yakni ujungnya Pulau Jawa yang diseberangnya merupakan Pulau Bali.

            Kakak pertama ku bernama Lilik Utami, usianya sekarang beranjak 24 tahun. Antara saya dan kakak pertama saya perbedaan usianya berjarak 5 tahun. Antara kakak saya yang kedua perbedaan usianya berjarak 1 tahun karena jarak usia yang begitu dekat sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa saya dan kakak saya yang bernama Nurul Fajrini (kakak keduaku) adalah saudara kembar padahal kenyataannya kami bukanlah saudara kembar.

Mbak Tami (panggilanku untuk kakak-kakakku) sekarang sudah bekerja di perusahaan retail di daerah Jakarta Pusat. Mbak Yuyung adalah panggilanku untuk kakak keduaku karena sejak kecil aku sangat sulit untuk memanggil mabk Nurul sehingga aku memanggilnya mbak Yuyung. Mbak Yuyung masih berkuliah semester empat di salah satu perguruan tinggi swasta di daerah Jakarta.
Adikku bernama Rahmah Wulandari yang sekarang masih bersekolah di salah satu SMP Negeri di Kota Tangerang. Sekarang adikku berusia 14 tahun perbedana jarak usia antara saya dan Wulan yaitu 4 tahun  dan sebentar lagi adikku akan menghadapi ujian nasional dan itu tandanya adikku akan segera memasuki pendidikan di jenjang SMA.

Hanya adikku yang tinggal bersama ibu dan bapakku di Tangerang karena aku dan ketiga kakakku sekarang tinggal di Jakarta karena jarak ke kampus dan ke tempat kerja kakakku lebih dekat dibandingkan jika berangkat dari Tangerang.

            Pada saat ini saya tinggal di Jakarta Barat lebih tepatnya di daerah Slipi, di sana saya tinggal bersama kedua kakak saya di rumah milik nenekku. Namun, setiap Sabtu aku menyempatkan diri untuk ke Tangerang untuk menemui adik dan orang tuaku.

Setiap libur datang, pasti aku selalu pulang ke Tangerang. Tetangga di sebelah kanan kiri rumah nenekku merupakan saudara-saudaraku yang berasal dari ibu saya, mereka adalah kakak dan adik-adik ibu saya.
Sebelum saya berkuliah di ABFI Institute Perbanas, ketika SMA saya bersekolah di SMAN 11 Tangerang. Pada waktu masih bersekolah di SMA saya pernah mengikuti beberapa perlombaan fisika baik tingkat kota, provinsi dan juga nasional. Namun, saya tidak pernah menang dalam perlombaan tersebut, karena kemampuan saya yang masih dibawah rata-rata peserta lainnya tapi saya merasa bangga karena sudah terpilih untuk mewakili menjadi peserta dari sekolah asal saya.
           
Saat ini saya sudah memiliki seorang pacar yang bernama Achmad Fadhil Yuliansyah. Saat ini Fadhil masih berkuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di daerah kebon jeruk, dan sekarang Dia sudah memasuki semester 6. Kami pertama kali bertemu pada saat masih bersekolah di SMAN 11 Tangerang, Dia adalah kakak kelasku dan perbedaan usia kami sekitar 2 tahun. Sudah 2,5 tahun lebih kami berpacaran, senang, susah, sedih,  disakiti sudah dirasakan semuanya. Kami saling mendukung pendidikan masing-masing, dan apabila ada pelajaran yang tidak dimengerti kami saling membantu.

 Di SMA saya memiliki banyak teman yang sangat baik, tapi ada beberapa yang saya anggap teman terbaik yaitu Atika Putri, Dyah Ika Mustikawati dan Sifa. Mereka adalah teman terdekatku, saat senang maupun susah mereka ada untukku begitu pula sebaliknya. Ketika saya sedang mengalami masalah dengan keluarga ataupun dengan fadhil terkadang saya bercerita, begitu pula dengan mereka bercerita tentang keluh kesah mereka kepada saya. Namun, karena kesibukan masing-masing yang kita miliki menjadi mempersulit kami untuk bertemu sekedar melepas rindu. Ketika kami semua libur maka kami memutuskan untuk bertemu. Namun komunikasi diantara kita tetap jalan meskipun hanya melalui SMS.

Selama berkuliah di ABFI Institute Perbanas saya memiliki banyak teman baru diantaranya Fitrah dan Fira. Mereka selalu duduk bersebelahan denganku ketika dikelas pada saat belajar. Kami sering melaksanakan kegiatan belajar bersama bahkan kami mebuat kelompok belajar bersama Bunga, Santi, Sinta, Riska, serta Nanda. Namun, semenjak semester dua ini kami jarang bertemu mungkin seminggu hanya bertemu satu kali saja, karena sudah tidak sekelas. Sekarang di semester dua ini saya memiliki teman baru lagi dan saya akan berusaha menjalin pertemanan yang baik dan saling membantu dalam memahami pelajaran yang dipelajari.
            Saya memiliki harapan yaitu membuat orang tuaku menangis, tapi menangis karena melihat anaknya sukses dalam perkuliahan dan membanggakan merka. Semua teman saya dan siapapun yang sedang berkuliah pasti ingin lulus tepat pada waktunya, begitu pula denganku. Saya ingin lulus tepat waktu yakni 7-8 semester atau sekitar 3,5 tahun sampai 4 tahun dan mendapat gelar sarjana dengan predikat baik serta nilai-nilai yang kuraih memuaskan (Amin). Semoga dalam mencapai harapanku itu diberikan kemudahan oleh Allah Swt.
           
            Saya tidak ingin mengecewakan kedua orang tua saya, karena sebelumnya saya sudah gagal untuk masuk perguruan tinggi negeri dan saya akan buktikan bahwa saya bisa membanggakan meskipun tidak berkuliah di PTN. Mungkin inilah jalan yang diberikan oleh Allah agar saya lebih giat belajar dan selalu mengingat orang tua saya. Ketika saya merasa lelah saya selalu mengingat orang tuaku agar saya lebih semangat lagi dalam menggapai harapan-harapan yang saya impikan.

            Ketika saya masih kecil saya pernah memiliki cita-cita ingin menjadi astronot tapi ketika beranjak SMA saya ingin menjadi ahli kimia yang handal. Namun sekarang saya memiliki cita-cita yaitu ingin bekerja di Bank Indonesia itu adalah impian terbesar saya. Semoga saya bisa mewujudkan ini agar saya bisa memberikan kebanggan kepada orang tuaku.
            Sekian biodata dan sekilas tentang pengalaman dan cerita pribadi saya. Tunggu kisah-kisah menarik lainnya mengenai saya. Sekian dan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar