Selasa, 07 Mei 2013

Fungsi =VLOOKUP dan Fungsi =HLOOKUP

1. Fungsi =VLOOKUP
    Fungsi ini singkatan dari vertikal look up yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus (vertikal).
    Bentuk umum dari fungsi =vlookup adalah sebagai berikut :
=vlookup(sel kunci; range tabel; no kolom)
contoh dari penggunaan rumus VLOOKUP yaitu seperti gambar dibawah ini :











2. Fungsi =HLOOKUP
    Fungsi ini singkatan dari horizontal look up yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara horizontal.
    Bentuk umum dari fungsi =hlookup adalah sebagai berikut :
=hlookup(sel kunci;range tabel; no kolom)
 contoh dari penggunaan rumus HLOOKUP yaitu sebagai gambar dibawah ini :










Perbedaan antara vlookup dan hlookup yaitu dilihat dari tabel masternya.


3.   Gabungan Formula IF dan VLOOKUP  RIGHT
Formula (fungsi) VLOOKUP merupakan Formula bantuan references. Formula VLOOKUP digunakanuntuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal (menggunakan kolom) sama halnya dengan HLOOKUP namun menghasilkan nilai secara Horizontal (menggunakan row), sedangkan RIGHT dugunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data Microsoft Exel yang dimulai dari kanan.
    Penulisan Formula (fungsi) VLOOKUP
    =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup)
    Dimana : 
        Lookup_value = nama_barisTable_array = tabel  (tabel yang diambil datanya)
        Col_index_num = kolom (kolom keberapa yang ingin diisi)
        Range_lookup = biasanya tidak digunakan (untuk memaksimalkan kinerja formula kita dapat tulis angka 0).

Penulisan Formula (fungsi) RIGHT
=RIGHT(text;[num_chars])
Dimana : 
    Text = nama baris yang ingin diambil datanya (karakternya)
    [num_chars] = jumlah karakter yang ingin diambil


Gambar 2.4.1 – VLOOKUP dan RIGHT
Perhatikan Gambar 2.4.1 – VLOOKUP dan RIGHT diatas, gabungan Fungsi VLOOKUP dan RIGHT

Untuk VLOOKUP
=VLOOKUP(RIGHT(A5;1);$F$13:$G$15;2;0)
 Dimana cell RIGHT(A5;1) adalah Lookup_value, $F$13:$G$15 adalah Table_array,  2 adalah Col_index_num dan 0 adalah range_lookup dimana tutorial berikut ini tidak ada yang menggunakan range jadi kita beri 0.

Untuk RIGHT
= RIGHT(A5;1)
Dimana A5 adalah Text, 1 adalah [num_chars]


4.   Gabungan Formula IF dan HLOOKUP  LEFT Part I
Formula (fungsi) HLOOKUP merupakan Formula bantuan references. Formula HLOOKUP digunakanuntuk menghasilkan nilai pada tabel secara Horizontal (menggunakan baris), sedangkan LEFT dugunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data Microsoft Exel yang dimulai dari kiri.
 Penulisan Formula (fungsi) HLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)
Dimana :
    Lookup_value = nama_baris
    Table_array = tabel  (tabel yang diambil datanya)
    Row_index_num = kolom (baris keberapa yang ingin diisi)
    Range_lookup = biasanya tidak digunakan (untuk memaksimalkan kinerja formula kita dapat tulis angka 0).

Penulisan Formula (fungsi) LEFT
=LEFT(text;[num_chars])
Dimana :
    Text = nama baris yang ingin diambil datanya (karakternya)
    [num_chars] = jumlah karakter yang ingin diambil


 Gambar 2.5.1 – HLOOKUP dan LEFT
Perhatikan Gambar 2.5.1 – HLOOKUP dan LEFT diatas, gabungan Fungsi HLOOKUP dan LEFT

Untuk HLOOKUP
=HLOOKUP(LEFT(A5;1);$B$12:$D$13;2;0)
 Dimana LEFT(A5;1) adalah Lookup_value, $B$12:$D$13 adalah Table_array,  2 adalah Row_index_num dan 0 adalah range_lookup dimana tutorial berikut ini tidak ada yang menggunakan range jadi kita beri 0.

Untuk LEFT
= LEFT(A5;1)
Dimana A5 adalah Text, 1 adalah [num_chars]

Rabu, 01 Mei 2013

Fungsi pada MS Excel...

Pada posting sebelumnya telah disebutkan fungsi-fungsi pada MS Excel. Pada kali ini saya akan membahas kembali dan menjelaskannya mengenai fungsi-fungsi tersebut. Pertama fungsi yang akan saya bahas adalah fungsi LEFT. Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil data berjenis teks dari sebelah kiri sebanyak karakter yang diinginkan. Penulisan fungsi left ini mempunyai bentuk sebagai berikut :

=left(teks;jumlah karakter)

Contoh : Dari tulisan "microsoft excel" , ingin mengambil huruf atau karakter yang dimulai dari sebelah kiri sebanyak 5 karakter.




 Maka caranya yaitu dengan, =left("microsoft excel";5) kemudian klik enter. maka yang akan muncul adalah "micro" .

Kedua fungsi RIGHT adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil data yang berjenis teks dari sebelah kanan sebanyak karakter yang diinginkan. Penulisan fungsi right mempunyai bentuk sebagai berikut :

=RIGHT(teks;jumlah karakter)

Contohnya pada kata "microsoft excel" ingin mengambil kata atau huruf dari sebelah kanan sebanyak 5 karakter.
Maka caranya dengan, =RIGHT("microsoft excel";5), maka yang akan muncul adalah kata "excel".


 Kemudian yang ketiga yaitu fungsi MID, yang digunakan untuk mengambil data berjenis teks dari kedudukan tertentu yang berasal dari tengah, sebanyak karakter yang diinginkan.
Penulisan fungsi MID adalah sebagai berikut :
=MID(teks;kedudukan mulai mengambil;jumlah karakter)
contoh : jika dari kata "microsoft excel" ingin mengambil sebagian karakter dimulai dari kedudukan ke-6 sebanyak 4 karakter. Maka caranya dengan , =MID("microsoft excel";6;4) maka yang akan muncul adalah kata "soft" .