Rabu, 01 Mei 2013

Fungsi pada MS Excel...

Pada posting sebelumnya telah disebutkan fungsi-fungsi pada MS Excel. Pada kali ini saya akan membahas kembali dan menjelaskannya mengenai fungsi-fungsi tersebut. Pertama fungsi yang akan saya bahas adalah fungsi LEFT. Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil data berjenis teks dari sebelah kiri sebanyak karakter yang diinginkan. Penulisan fungsi left ini mempunyai bentuk sebagai berikut :

=left(teks;jumlah karakter)

Contoh : Dari tulisan "microsoft excel" , ingin mengambil huruf atau karakter yang dimulai dari sebelah kiri sebanyak 5 karakter.




 Maka caranya yaitu dengan, =left("microsoft excel";5) kemudian klik enter. maka yang akan muncul adalah "micro" .

Kedua fungsi RIGHT adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil data yang berjenis teks dari sebelah kanan sebanyak karakter yang diinginkan. Penulisan fungsi right mempunyai bentuk sebagai berikut :

=RIGHT(teks;jumlah karakter)

Contohnya pada kata "microsoft excel" ingin mengambil kata atau huruf dari sebelah kanan sebanyak 5 karakter.
Maka caranya dengan, =RIGHT("microsoft excel";5), maka yang akan muncul adalah kata "excel".


 Kemudian yang ketiga yaitu fungsi MID, yang digunakan untuk mengambil data berjenis teks dari kedudukan tertentu yang berasal dari tengah, sebanyak karakter yang diinginkan.
Penulisan fungsi MID adalah sebagai berikut :
=MID(teks;kedudukan mulai mengambil;jumlah karakter)
contoh : jika dari kata "microsoft excel" ingin mengambil sebagian karakter dimulai dari kedudukan ke-6 sebanyak 4 karakter. Maka caranya dengan , =MID("microsoft excel";6;4) maka yang akan muncul adalah kata "soft" .











































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar